Tugasku Selama Au-Pair di Jerman

Dulu waktu zamannya kuliah, salah satu dosen sering bilang “Ngapain kalian ke Jerman cuma buat jadi pembantu orang bule? Tiap hari ngejar-ngejar anak, emang keren? Enggak! Kalian sama aja kayak pembantu di Indonesia yang suka dikasih seragam itu tuh!”. Hampir di setiap mata kuliah beliau, beliau selalu bilang hal yang sama dan aku saat itu…

Barang-barang yang di Bawa Ketika Pertama Kali Datang ke Jerman (Musim Gugur)

Kalau harus inget lima tahun lalu dan ditanya masa-masa menegangkan dari seluruh proses petualangan aku sampai ke Jerman, yang paling bikin hati degdegan itu pas visa udah jadi karena saat itu aku bener-bener dihadapkan dengan dilema pisah sama keluarga, rasanya itu sedih banget. Gimana gak sedih, empat tahun aku kuliah di Bandung dan jarang pulang…

Tiket Awal Menuju Jerman

Aku nggak pernah ngebayangin kalau akan pergi ke Jerman, apalagi sampai bertahun-tahun tinggal disini. Semuanya berawal dari tahun 2012, disaat aku harus nulis skripsi dan disitulah aku mulai jatuh cinta dengan bahasa Jerman. Well, sebenernya aku mahasiswa pendidikan bahasa Jerman di salah satu universitas negeri di Bandung. Hanya saja aku kurang bersungguh-sungguh belajar waktu dulu…

Instagram
YouTube
YouTube
LinkedIn
LinkedIn
Share
Ikuti Lewat Email
RSS