Gaji Jadi Azubi Berapa Ya???

Well, siapa sih yang gak seneng sama yang namanya duit? Semua orang yang normal pasti seneng sama si penting ini, ya gak? Mau mata uangnya apa sih terserah, yang penting dia bisa mencukupi kebutuhan kita, cuma jadi ribet urusannya kalau kalian mau tinggal di negeri orang buat bekerja, tapi dagdigdug mikirin “apa duit segitu cukup ya buat menuhin kebutuhan hidup selama sebulan?”. Apalagi kalau sekarang kalian masih di Indonesia dan akan datang ke Jerman untuk ikut si program hits jaman now yang namanya Ausbildung. Pasti makin dobel dong degdegannya, karena kalian gak hanya mikirin biaya hidup yang harus dipenuhi melainkan juga ikut khawatir kalau-kalau nanti visanya akan ditolak gara-gara gajinya terlalu kecil dan dianggap gak cukup untuk memenuhi kebutuhan kalian nantinya.

Baca juga: Ausbildung di Jerman Melalui Agen 

Seperti dilansir dari beberapa sumber seperti azubiyo, ausbildung.de dan praktischarzt.de, aku bakal kasih tau kalian beberapa Ausbildung berikut dengan gaji brutto yang didapatkan setiap bulannya. Jenis pekerjaan yang aku bahas disini adalah pekerjaan yang paling sering ditekuni sama anak-anak Indonesia yang ada di Jerman dan mengikuti Ausbildung, kalian juga bisa langsung cek ketiga situs yang aku tulis di atas kalau ternyata jenis pekerjaan kalian gak ada dalam daftar yang aku tulis disini. Oia, gaji yang aku tulis disini adalah jumlah brutto nya ya, biar kalian gak girang duluan kalau liat angkanya ternyata 4 digit 😁. Siap-siap ya, soalnya postingan kali ini bakal panjang banget, masak indomi dulu biar ada tenaga buat mencerna informasinya gih…


    1. Altenpfleger/-in
      Bagi kalian yang akan mengambil Ausbildung sebagai Altenpfleger/-in, kisaran gaji brutto yang akan kalian dapat setiap bulannya sekitar 1000 – 1200 Euro. Misalkan di tahun pertama kalian dapet 1041 Euro, lalu di tahun kedua 1102 Euro dan di tahun ketiga 1203 Euro. Walaupun jenis pekerjaannya sama, tapi gaji yang didapatkan oleh para Azubis di Jerman bagian timur lebih sedikit bila dibandingan dengan Azubis yang ada di Jerman bagian barat. Selain itu ada beberapa faktor yang membuat gaji siswa Ausbildung berbeda antara satu dengan yang lainnya meskipun menekuni bidang yang sama, salah satunya adalah tarif dasar tiap Bundesland, institut tempat bekerja serta insentif yang didapat oleh setiap siswa. Ketiga faktor tersebut tidak hanya berpengaruh untuk Altenpfleger saja, melainkan juga bidang Ausbildung lainnya.
    2. Gesundheits- und Krankenpfleger/in (Krankenschwester)
      Sama halnya seperti Ausbildung sebagai Altenpfleger/-in, kisaran gaji brutto bagi Azubis dibidang ini sekitar 1000 – 1200 Euro. Kelihatannya sih gaji bagi mereka yang bekerja dibidang kesehatan ini cukup menggiurkan ya, apalagi kalau kalian iseng konversi gajinya ke dalam rupiah, kurang lebih sekitar Rp. 17.367.168,- pakai kurs aktual. Gede sih emang, tapi harus kalian inget kalau biaya hidup kalian di Jerman pakai Euro dan berdasarkan standard kehidupan masyarakat disini juga, jadi gaji 1000 Euro setiap bulannya itu belum termasuk ke dalam jumlah yang gede banget. Selain itu, mereka yang kerja dibidang kesehatan gak cuma enak-enakan nerima gaji sebesar itu tanpa ada pengorbanan seperti harus siap kerja shift pagi dan shift malem. Shift pagi itu mulainya jam 06.00 sedangkan shift siang biasanya mulai jam 13.00, tapi itu tergantung umur kalian juga ya, kalau kalian masih dibawah 18 tahun shift kerja biasanya dimulai lebih siang dan selesai lebih sore.
    3. Heilerziehungspflege
      Ini requestnya dari Clara 😊, karena HEP termasuk kedalam kelompok Ausbildung dibidang kesehatan, jadi aku tulis dibagian atas ya biar masih nyambung. 
      Jadi gaji HEP ini gak begitu beda dengan Ausbildung bidang kesehatannya dalam hal gajian, karena gaji Azubis HEP ini tergantung Bundesland dan juga tempat prakteknya. Mengenai tempat praktek atau institusinya, tempat praktek yang disediakan oleh pemerintah memberi gaji lebih banyak dibanding dengan tempat praktek yang dimiliki oleh swasta. Tapi karena HEP ini merupakan Ausbildung berbasis sekolah, jadi selama menjalani Ausbildung (baik itu full time atau praktek terintegrasi) mereka gak dapet bayaran, nah loh? Jadi gratis gitu? Tenang aku jelasin lagi ya, jadi selama Ausbildung itu kan ada sekolahnya dan ada juga prakteknya, nah kalau kalian beruntung pas prakteknya ini kalian dapet yang namanya Vergütung alias upah kerja. Pusing kan? (Di postingan selanjutnya aku akan jelasin bedanya Gehalt, Lohn dan Vergütung, makanya subscribe biar gak ketinggalan info hehehe). 
      Nah upah atau Vergütung yang kalian dapat selama menjalani praktek dalam Ausbildung itu seperti yang dituturkan Clara sekitar 922 Euro untuk tahun pertama, 1014 untuk tahun kedua dan 1106 pada tahun ketiga. Tapi kalian juga harus memperhitungkan biaya-biaya untuk sekolahnya ya, karena kadang sekolahnya sendiri itu harus bayar, minimal buku-bukunya atau ujian-ujiannya, kadang uang semesterannya juga harus bayar, tergantung dimana kalian sekolahnya. Jadi nyari informasi yang ausführlich itu wajib hukumnya dalam hal apapun, ga cuma mengenai masalah gaji, catet.  
    4. Hebamme/ Entbindungshelfer
      Walaupun Hebamme/ Entbindungshelfer termasuk Ausbildung di bidang kesehatan, tapi dibanding dengan dua bidang yang sudah disebutkan di atas, gaji sebagai bidan bisa dibilang relatif lebih kecil. Kisaran gaji bruttonya antara 980 – 1140 Euro dari tahun pertama hingga tahun ketiga. Biasanya setiap tahunnya gaji Azubis itu mengalami peningkatan sekitar 40 Euro, lumayan lah ya tapi dengan gaji segini kalian udah bisa mulai nabung untuk beli mobil sendiri, jangan lupa nabung juga buat bikin SIM nya karena SIM Jerman mahal cyin.

      Baca juga: Kerja di Jerman: Ternyata Punya SIM itu Penting

       

    5. Hotelfachmann/ -frau
      Seberapa besar jumlah gaji yang diterima tergantung pada cabang, tarif yang berlaku serta di Bundesland mana kalian menjalani Ausbildung. Pada dasarnya gaji brutto yang diterima oleh Azubis sebagai Hotelfachmann/ -frau kurang lebih sekitar 650 – 750 Euro pada tahun pertama. Di tahun kedua berdasarkan pada Tarifvertrag pendapatan bruttonya ada di kisaran 700 – 850 Euro dan pada tahun ketiga rata-rata penerimaannya sekitar 800 – 950 Euro. Seperti yang dilansir di halaman Ausbildung.de, misalkan Azubi di Bayern dalam bidang ini menerima sekitar 750 Euro di tahun pertama dan 950 Euro pada tahun ketiga. Cuma biasanya Tarifvertrag itu jarang banget dijadikan acuan untuk gaji hotel, tidak seperti bidang Ausbildung lainnya. Jadi seandainya tempat kerja kamu gajinya tidak mengacu pada Tarifvertrag yang berlaku, bisa jadi nanti pendapatan brutto yang kalian terima setiap bulannya lebih kecil bila dibandingkan dengan gaji yang ditetapkan oleh Tarifvertrag. Cuma jangan khawatir, secara hukum yang berlaku bagaimana pun gaji kalian mungkin hanya 20 % lebih rendah bila dibandingkan dengan Azubis sebagai Hotelfachmann/ -frau yang dibayar berdasar pada Tarifvertrag. Biasanya para Azubis juga suka dapet bonus seperti bonus natal dan juga kalau kalian mempromosikan seseorang untuk bekerja di tempat kerja yang sama dengan kalian, biasanya suka ada juga bonus tambahan. Hal kayak gini nih disebutnya “Freunde werben” dan di Jerman strategi marketing kayak gini tuh paling gencar dilakukan sama perusahaan-perusaan karena win-win solution, kalian dapat hadiah terus perusahaan dapat pekerja atau customer baru. Biasanya hadiahnya tuh bentuknya uang, mulai dari 25 – 500 Euro.
    6. Koch/ Köchin
      Sama halnya seperti gaji Ausbildung yang lainnya, gaji Ausbildung sebagai koki di Jerman diatur oleh yang namanya Tarifvertrag dan Tarifvertrag ini berbeda-beda ketentuannya tergantung di Bundesland mana kalian melakukan Ausbildung. Disini aku kasih contoh gaji Azubis di Hessen pada tahun pertama sekitar 770 Euro brutto, sedangkan Sachsen-Anhalt pendapatan Azubis di tahun pertama sejumlah 460 Euro seperti yang dilansir oleh Ausbildung.de. jadi kisaran gaji untuk Azubis dalam bidang ini dari tahun pertama sampai dengan tahun ketiga ada di jumlah 650 – 840 Euro brutto setiap bulannya.
      Banyak bisnis dibidang restauran tidak terikat pada Tarifvertrag, tapi para pelaku bisnis tersebut diwajibkan untuk mematuhi Undang-undang Pelatihan Kejuruan atau yang dalam bahasa Jermannya disebut “Berufsbildungsgesetz“. Tapi tidak sedikit pelaku bisnis yang menggaji pegawainya berdasarkan ketentuan gaji yang telah ditetapkan oleh pemilik di cabang tersebut.
    7. Restaurantfachmann/ -frau
      Seperti yang disebutkan di situs Ausbildung.de, terdapat aturan mengenai gaji pegawai dalam industri perhotelan dan restauran seperti contohnya Tarifvertrag yang berlaku di setiap negara bagian di Jerman,  atau ada juga perjanjian upah kolektif (Entgelttarifvertrag) untuk industri yang berada di Nordrhein Westfalen dan juga ada DOHEGA di Rheinland-Pfalz.
      Rata-rata gaji Azubis dalam bidang ini berkisar antara 675 di tahun pertama, 790 di tahun kedua dan 915 Euro untuk tahun ketiga.

Bisa diambil kesimpulan, untuk pekerjaan di bidang kesehatan seperti Altenpfleger/ -in dan Krankenschwester gaji brutto pada umumnya mengacu kepada Tarifvertrag dan tempat kerja. Jika bekerja di perusahaan swasta, maka gaji yang diterima biasanya lebih kecil bila dibandingkan dengan mereka yang bekerja di perusahaan milik pemerintah dan layanan publik. Sedangkan gaji pegawai di bidang perhotelan dan Gastronomie selain mengacu pada Tarifvertrag, ada juga aturan lain yang digunakan sebagai acuan pemberian jumlah gaji pegawai, seperti contohnya kebijakan pemilik usaha.

Jadi sebelum kalian memutuskan untuk Ausbildung alangkah baiknya kalau kalian membicarakan persoalan gaji dulu dengan pemilik perusahaan. Selain itu pendapatan di Jerman Barat lebih besar bila dibandingkan dengan di Jerman Timur. Kalau misalkan ada yang bilang, “Gaji aku tetep besar kok walaupun jadi Azubi di Jerman Timur. Masih bisa shopping, apalagi tiap bulannya masih nyisa untuk nabung.”, kata-kata gaji besar bagi setiap orang itu relatif. Bisa jadi bagi seseorang jumlah tersebut sudah berlimpah, tapi bagi sebagian lainnya belum seberapa, karena biaya hidup setiap orang kan beda-beda, gaya hidupnya juga kan gak sama. 

Jangan sampai setelah baca ini kalian semua jadi ingin Ausbildung sebagai Altenpfleger atau Krankenschwester karena gajinya besar dan gak mau lagi Ausbildung di perhotelan atau restauran, jangan sampai kayak gitu ya. Aku nulis ini sebagai informasi supaya kalian siap dari jauh-jauh hari sebelum jadi Azubis. Supaya kalian bisa mempersiapkan diri, latihan ngatur keuangan, belajar jadi hemat, hidup lebih sederhana, life is not just about money, right? Have some fun in what you do is more important. 

Baca juga: Fasilitas yang didapat oleh Siswa Ausbildung di Jerman

 

Yuk bagikan informasi ini!
error

3 comments / Add your comment below

Leave a Reply

Facebook
Facebook
Instagram
YouTube
YouTube
LinkedIn
Ikuti Lewat Email
RSS