Ternyata Selama ini Aku “Buta Wajah”

Pernah gak kalian ketemu orang baru terus pas ketemu lagi kalian lupa sama wajah orang tersebut? Pasti sering kan? Tapi apa kalian juga pernah gak bisa ngenalin seseorang hanya karena orang itu ganti tatanan rambut padahal kalian ketemu setiap hari, misalkan kakak, adik, ibu, ayah, suami atau bahkan muka sendiri? Kalau pernah atau bahkan sering, berarti kita senasib.

Awalnya aku sama sekali gak menyadari kalau aku punya sindrom “buta wajah”. Cuma sering aja gitu kalau lagi jalan tiba-tiba bilang sama suami “Eh Yang, ada si itu tuh” padahal ternyata orang tersebut bukanlah “si itu tuh” yang kita kenal, atau sering juga “Eh liat Yang, orang itu mirip si Anu ya?”, padahal menurut suami orang tersebut gak ada mirip-miripnya sama si “Anu”. Sampai akhirnya kita nonton Drakor yang judulnya “A Girl Who Sees Smells” dan disitu ada charakter Chef yang bernama Kwon Jae Hee. Si Kwon Jae Hee ini sama sekali gak bisa mengenali orang yang ada di depannya, walaupun mereka setiap hari ketemu. Digambarinnya tuh wajah orang yang di lihat sama Kwon Jae Hee ini selalu berubah-ubah makanya dia gak bisa mengenali orang tersebut sama sekali. Ternyata kondisi tersebut emang ada, namanya Prosopagnosia.

Poto Mirip

Menurutku dua orang ini mirip. Source: Youtube

Prosopagnosia atau disebut juga Face Blindness merupakan salah satu gangguan kognitif dalam persepsi wajah, dimana kemampuan seseorang untuk mengenali wajah orang-orang yang dikenalnya terganggu, termasuk untuk mengenali wajahnya sendiri. Sementara aspek proses visual (seperti membedakan bentuk benda dan membedakan objek) maupun fungsi intelektual sama sekali tidak terganggu. Biasanya prosopagnosia selalu dikaitkan dengan brain damage, tapi ternyata hal ini juga bisa disebabkan oleh kelainan bawaan saat lahir atau saat proses tumbuh kembang.

Area otak yang berkaitan dengan prosopagnosia yaitu gyrus fusiform yang fungsinya memungkinkan seseorang untuk mengenali wajah secara lebih detail. Bagi mereka yang memiliki prosopagnosia, untuk mengenali seseorang mereka menggunakan strategi lain seperti gaya rambut, bentuk tubuh, cara berjalan, suara bahkan cara berpakaian.

Awalnya aku selalu ngelak setiap suami bilang, “Ih kamu tuh emang ya kayak Kwon Jae Hee” setiap kali aku bilang seseorang mirip, tapi padahal mah enggak. Aku pede aja gitu bilang kalau aku bukan Kwon Jae Hee , karena wajah orang-orang tersebut ga berubah-ubah kayak yang di visualkan di dalam film (yaeyalah namanya aja film -_-). Akhirnya suamiku research sendiri dan dia mulai nunjukin aku wajah-wajah artis yang aku apal banget tapi cuma mukanya doang dan tanpa rambut, yang hasilnya aku gak bisa ngenalin orang-orang tersebut sama sekali. Jadi katanya tuh kemungkinan kalau aku selama ini ngenalin orang-orang yang aku kenal itu bukan dari wajahnya, tapi dari gaya rambutnya, cara jalannya, gaya berpakaiannya, dsb.

Tapi sepertinya hal itu emang bener, karena aku pernah nangis kejer pas dijemput bapak dari rumah nenek. Selama yang aku inget bapakku itu selalu kumisan dan gak pernah keliatan naek motor, karena kita emang gak punya motor di rumah, tapi waktu itu aku dijemput ke rumah nenek pas bapak abis cukur kumis, nangis lah aku gak mau ikut karena aku yakin itu bukan bapak. Atau pernah juga saat itu aku mau pergi fitness sama suami eh gak tahunya kartu mahasiswa aku ketinggalan jadi mau gak mau suami harus pergi duluan dan aku pulang lagi ke rumah bawa kartu yang ketinggalan. Di tengah perjalanan tiba-tiba ada yang manggil terus  orang itu nyamperin dan berdiri di depan aku. Terus dia nanya “mau kemana kak?” yaudah aku jawab “mau ke rumah, ini kartu mahasiswa ketinggalan” dengan raut muka “sebenernya lo ini siapa sih maen cegat aja!!!”. Kayaknya nih orang nyadar kalau aku gak bisa ngenalin dia, sampe akhirnya dia nyebutin namanya “Ini A**y tahu”. Pantes aku gak ngenalin karena yang aku tahu A**y itu rambutnya tumpah ke muka dan warnanya pirang, tiba-tiba yang di depan muka aku rambutnya pendek, warna item terus di kacamata. Bahkan suami sendiri aku gak bisa ngenalin disaat dia ngejemput aku ke Paris. Meskipun kita tatap-tatapan muka, tapi aku gak tahu kalau itu suami aku hahahaha, parah ya? Penyebabnya sama, yaitu sama-sama ganti potongan rambut tiba-tiba.

IMG_0039-horz

Biasa liat suami rambut tumpah-tumpah, tiba-tiba liat jadi gitu mukanya -_-

Tapi jangan sampe mikir kalau aku gak bisa ngenalin suami aku setiap harinya, atau aku bangun tidur terus liat muka sendiri di kaca lantas kaget dan bilang “Hah, siapa itu?” sambil nunjuk muka sendiri. Enggak, kasusnya itu gak seperti itu. Kondisinya itu terjadi kalau kamu ketemu seseorang dengan spontan, namanya juga spontan ya kamu gak perhitungan kalau tiba-tiba akan ketemu orang itu kan? Kalau kayak gitu pasti deh ada moment of silent dulu, dimana aku diem dan mikir ini orang siapa ya hahahaha. Kalian ada yang gitu juga gak sih?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.