Biaya Hidup Mahasiswa Teririt di Jerman

Pernah ada pembaca blog yang nanya, sebenernya biaya hidup jadi mahasiswa itu mahal apa gak? Kenapa pemerintah Jerman menetapkan bahwa setiap mahasiswa asing yang ingin kuliah di Jerman harus punya uang 8640 € di rekeningnya untuk biaya hidup selama satu tahun? Terus ada juga yang nanya, apa biaya hidup bulanan di Jerman bisa terpenuhi hanya dengan penghasilan 450 € dari hasil kerja part-time? Kurang lebih pertanyaan-pertanyaan sejenis itu lah yang paling sering aku terima. Wajar sih kalau banyak yang nanya kayak gitu karena jujur aku juga dulu berpikiran sama persis seperti kalian. Aku gak mau kalau tiba-tiba ditengah jalan harus minta uang ke orang tua cuma buat biaya makan sehari-hari, no no.

Baca Juga: Kuliah di Jerman Gratis ???

Karena aku tahu kalau pengen dapet uang banyak itu berarti kerja harus banyak juga, jadi saat aku keluar dari rumah Gastvater aku gak rela kalau harus ngeluarin uang banyak untuk hal yang gak perlu, sakit hati rasanya hahaha. Makanya aku hidup dengan seirit-iritnya dan cuma ngeluarin uang untuk hal-hal yang perlu aja, kayak gini rinciannya:

  • Sewa rumah / bulan 230 €
  • Asuransi kesehatan / bulan 44 € (dulu pake private Krankenkasse Dr. Walter)
  • Internet DSL+HP / bulan 30 €
  • Makan dan keperluan lain 100 €

Jadi biaya bulanan yang aku keluarin kurang lebih sekitar 404 € / bulan, kadang lebih tapi seringnya kurang dari itu. Terus Fahrkarte gimana? Saat itu aku ikut program Gasthörer di universitas yang ada di kotaku, jadinya untuk Fahrkarte aku ngeluarin sekitar 250 € / semester, beruntung banget saat itu peserta Gasthörer juga dapet kartu mahasiswa sebagai tanda pengenal yang sekaligus berfungsi sebagai tiket untuk pakai public transportation yang ada di kota ini (bus dan juga kereta RE/RB). Untuk kereta, kartu mahasiswa bisa digunakan untuk rute Trier sampai dengan ke Koblenz Hbf, Saarbrücken Hbf dan Igel (perbatasan Luxemburg). Sedangkan bus sendiri kartu mahasiswa ini berlaku untuk bus rute dalam kota hingga bus jurusan khusus yaitu nomer 333, 204, 212, 201 jadi hanya berlaku untuk bus jurusan tertentu, gak berlaku untuk semua bus.

Dari itungan di atas, pengeluaran bulanan kan hampir mendekati 450 € ya, berarti cuma dikit dong sisanya yang bisa disimpen? Enggak, sisanya masih cukup banyak yang bisa aku tabung dan aku kirim ke Indonesia, karena sistem mini job 450 € Basis itu bukan berarti penghasilan kita juga cuma 450 € / bulannya (untuk lengkapnya nanti aku bahas di postingan selanjutnya). Jadi gak usah khawatir, kalian masih bisa kok survive dengan penghasilan kerja sampingan tanpa harus merepotkan keluarga di Indonesia kalau gaya hidupnya biasa-biasa aja.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s