Ngumpulin Tugas Kuliah Pas Tahun Baru

Haiiii, apa kabar kalian semuanya?

Kangen banget pengen sharing sama kalian mengenai info-info menarik yang aku dapetin beberapa waktu ini, tapi apa daya aku gak bisa nulis Blog sampai selesai karena stress banget dengan tugas kuliah.

Jadi di jurusan aku ini gak ada yang namanya ujian akhir semester atau yang di Jerman biasa disebut dengan Klausur. Dari awal perkuliahan sampai akhir perkuliahan adanya hanya Hausarbeit dan totalnya ada tujuh Hausarbeit sampai dengan aku lulus kuliah. Hausarbeit ini kalau diartikan secara harfiah adalah pekerjaan rumah, secara Haus itu rumah dan arbeit artinya pekerjaan. Tapiiiiii, ternyata Hausarbeit gak sesederhana itu!!!


Baca juga: Kuliah di Jerman Gratis?

Setelah aku mulai nyoba untuk mengerjakannya, aku baru sadar kalau Hausarbeit ini persis seperti skripsi yang aku kerjain saat kuliah S1 di UPI dulu. Ada yang namanya pendahuluan, pemaparan masalah, landasan teori, sampel penelitian yang diambil dan diakhir kesimpulan dari hasil penelitiannya. Penelitiannya sendiri boleh dilakukan secara praxis (nyari data sendiri ke lapangan sambil nyebar-nyebar angket) atau secara empiris (ngambil data dari penelitian yang pernah dilakukan). Syarat untuk bisa nulis Hausarbeit adalah aku harus menghadiri dulu tiga Seminar setiap modulnya. Seminar ini merupakan jenis perkuliahan dimana tema setiap pertemuannya berbeda dan bentuk perkuliahannya mengarah pada diskusi dan perdebatan hahahaha.

Saat ini aku lagi ngebut ngerjain Hausarbeit karena ngejar target lulus semester depan yang membuat aku harus nulis tugas sepanjang liburan natal. Sedih banget gak bisa kemana-kemana, gak bisa jalan-jalan bahkan di malam tahun baru aku harus ngedit tugas yang harus aku kumpulin tanggal satu Januari 2019. Bayangin, aku harus ngumpulin tugas di hari pertama tahun 2019, siapa yang gak setres coba!!!

Baca juga: Biaya Hidup Mahasiswa Teririt di Jerman

Hiburan aku satu-satunya yaitu meluncur di ruang tengah pake skateboard, duduk di atasnya (karena aku gak bisa maen skateboard sambil berdiri) dan meluncur dari kamar mandi menuju ke meja belajar dan terus aja begitu sampe bosen dan siap buat nulis tugas lagi, hahahaha. Tapi segitu juga aku udah happy banget, karena bisa ada hiburan dan gak gila karena ngerjain tugas setiap hari.

Cuma pas aku dateng ke kampus, kampusnya tutup dong. Pintunya dikunci dan lampu-lampunya pada gelap. Akhirnya karena aku mahasiswa Indonesia yang penuh dengan akal bulus, hehehe, aku dateng keesokan harinya tanggal 02.01.19 tepat setelah subuh. Langsung aku buru-buru naik ke lantai empat dan aku masukin ke dalam loker tempat pengumpulan tugas-tugas. Saatnya dagdigdug nungguin nilai kan kalau udah dikumpulin dan atas izin Allah alhamdulillah aku lulus man teman, penilaiannya juga cepet cuma dua minggu doang, padahal biasanya minimal empat minggu dan maksimal sampe satu semster penuh. Untungnya

Kira-kira menurut kalian aku harus nulis tentang tips dan trik nulis Hausarbeit gak untuk postingan selanjutnya?

Baca juga: Test DaF sebagai Syarat Kuliah di Jerman

Yuk bagikan informasi ini!

2 comments / Add your comment below

Leave a Reply

Facebook
Facebook
Instagram
YouTube
YouTube
LinkedIn
Ikuti Lewat Email
RSS