Transfer dari Indonesia ke Jerman: BCA Error

Hai, apa kabar? Puyeng banget nih kepala padahal baru awal bulan. Biasanya awal bulan itu orang-orang selalu happy karena masih punya duit abis gajian bulan sebelumnya, tapi kayaknya hal ini gak berlaku deh saat ini bagi beberapa mahasiswa Indonesia yang lagi kuliah di Jerman, termasuk aku. Biasanya kebanyakan orang kalau mau transfer itu selalu langsung dikirim ke rekening yang ada di bank Jerman. Pas aku tahu ternyata ongkosnya mahal banget, untuk sekali kirim melalui Bank Mandiri biayanya Rp. 50.000,00 ditambah $ 30,00, yang kalau dihitung-hitung bisa nyampe tuh sekitar 500rebuan sekali kirim uang. Makanya banyak mahasiswa Indonesia yang sengaja bikin rekening di BCA supaya biaya pengambilannya murah. Cuma 20rebu doang sekali narik, tapi batas pengambilannya cuma bisa 550 Euro per hari (tergantung tipe kartu ATMnya).

Pasalnya udah beberapa minggu ini kartu atm BCA gak bisa dipake di Jerman dan sedihnya aku baru tahu hal ini kemarin. Gimana gak sedih, sampai saat ini sewa rumah belum dibayar tapi masih ada kesempatan sih sampai tanggal lima karena kebetulan hari ini libur kan di Jerman jadi kalaupun transfer hari ini ke bapak kos nyampenya ya dua hari yang akan datang.

Tapi pertanyaannya adalah, kenapa BCA saat ini gak bisa dipakai di Jerman? Well, berdasarkan info yang didapat dari customer service BCA yang baru aja aku telpon (suami padahal yang telepon 😂) katanya untuk saat ini BCA emang lagi ga bisa dipake dibeberapa negara di Eropa seperti di Bulgaria, Polandia, Rusia dan negara lainnya termasuk Jerman. Katanya ketentuan ini berlaku entah untuk sementara waktu atau bahkan mungkin untuk seterusnya, alasannya sih dibilang karena prosedur keamanan dan kami diminta bersabar karena masih harus menunggu info lebih lanjut.


Suami bilang di grup PPI Jerman banyak juga yang posting kalau emang katanya mereka juga gak bisa transaksi pake ATM maupun kartu debit BCA, nah loh. Lebih lengkapnya lagi aku cantumin email balasan dari BCA yang di share sama mbak Eva di grup PPI Jerman.

BCA
Email balasan dari pihak BCA

Selain BCA ternyata aku juga dapat info bahwa ATM BNI juga gak bisa dipakai di Jerman untuk penarikan, selain penarikan aku gak tau apa kartu debet BNI bisa dipake atau gak. Sampai saat ini hanya ATM Mandiri yang masih bisa melakukan transaksi, sedihnya lagi ATM Mandiri punya aku gak tahu nyimpennya dimana dan sampai sekarang masih belum juga ketemu 😢.

Aku agak lega sih sedikit karena Luxemburg gak ada dalam list negara yang di blok, jadi masih bisa ngambil uang kesana. Cuma emang perlu usaha lebih sih buat kesananya, tapi lebih baik daripada gak kan? Kalau kalian solusinya apa untuk masalah ini?

Yuk bagikan informasi ini!
error

6 comments / Add your comment below

  1. Hi 😊 aku selalu pakai TransferWise. Ngirim uang ke Indonesia udh seringkali pakai itu. Kalau pas weekdays dlm hitungan menit nyampe. Biaya pun dikit bgt. Kamu juga bsa order kartu MasterCard dan bsa dipakai di seluruh dunia. Lumayan jdi kalau bayar apa2 gampang. 😊

Leave a Reply

Facebook
Facebook
Instagram
YouTube
YouTube
LinkedIn
Ikuti Lewat Email
RSS