Tradisi “Wichteln” Menjelang Natal di Jerman

Aku gak ngerti kenapa di Jerman orang-orang seneng banget ngasih hadiah. Gak cuma saat ulang tahun atau natal, hari-hari besar lainnya juga identik sama yang namanya hadiah, kado, bingkisan apalagi di moment menjelang natal. Selain ada Nikolaustag, ada juga yang namanya “Wichteln” dimana orang ngasih sesuatu ke orang lain, tapi yang nerima hadiahnya jangan sampai tahu itu kado dari siapa. Nah, bingung kan?

523907_10151385685710087_1588467077_n
Wichteln

Pertama kali aku ikut Wichteln itu tahun 2012 di tempat les, dulu namanya masih Deutschkurs des AStA der Universität Trier tapi sekarang namanya udah ganti jadi Deutschkurse Trier der TASI. Volker, salah satu guru di tempat les, bilang kalau di pertemuan terakhir sebelum natal akan diadain Wichteln. Semua peserta les harus beli kado yang harganya maximal 10 €, dibungkus secantik mungkin dan dibawa ke tempat les untuk ditukar. Tapi uniknya penerima hadiah gak tahu itu hadiahnya dari siapa, soalnya semua peserta les diwajibkan buat nulis namanya di selembar kertas lalu dimasukin ke wadah. Masing-masing orang yang udah nulis nama, berhak untuk ngambil satu kertas dari wadah itu. Kalau yang diambil ternyata nama sendiri, kita boleh masukin lagi ke wadah, terus ambil kertas selanjutnya. Nama yang tercantum di kertas gak boleh dikasih tahu ke siapa-siapa, intinya cuma kita yang tahu. Nanti di hari H nya, semua kado dikumpukan di meja dan dibacakan satu per satu nama yang tertera dibungkusnya. Banyak banget temen-temen aku yang nangis terharu waktu dapet kado 🙂

12218_10151385686030087_193879412_n
Volker
481805_10151385686170087_671186743_n
Peserta les 2012

Lucu kan ya tradisinya? Aku yang saat itu bahasa Jermannya masih senen – kemis, nanya ke si Babeh mengenai tradisi Wichteln. Jadi katanya Wichteln itu sejenis orang-orang mini, setipe kurcaci kali ya, yang suka ngasih hadiah secara sembunyi-sembunyi ke semua orang. Tujuannya cuma satu, yaitu memberi kebahagiaan dan kegembiraan buat orang-orang yang dapet hadiahnya. Gak cuma anak kecil yang ngerayain Wichteln, orang yang sudah dewasa juga semuanya seneng dan ikut berpartisipasi kalau ada Wichteln.


Waktu aku ikut Wichteln, sayangnya temen yang jadi Wichteln buat aku gak datang jadinya aku dapat hadiah dari pimpinan les, hadiahnya Tedi Bear kecil pake toga universitas, hehehe, lucu banget. Sayangnya aku ikutan Wichteln ini cuma satu kali, karena di universitas gak ada Wichteln, kelasnya kan pindah-pindah dan orangnya juga beda-beda jadi ya susah buat organisirnya. Kapan lagi ya aku bisa ikut Wichteln?

Kalian juga bisa baca artikel lebih lengkapnya mengenai Wichteln disini 🙂

Yuk bagikan informasi ini!
error

1 comment / Add your comment below

Leave a Reply

Facebook
Facebook
Instagram
YouTube
YouTube
LinkedIn
Ikuti Lewat Email
RSS