Cara Orang Jerman Menyebut Tisu, Selotip dan Barang Lainnya

Kemarin kan jadwalnya Blockseminar dan di jam terakhir Blockseminar, teman sekelas aku yang namanya Tobi sibuk sendiri nempel-nempel puluhan kertas merah dan kuning ke papan tulis, karena katanya dia itu zu dumm untuk bikin Powerpoint -__-

Karena waktu istirahat yang mepet, jadinya dia minta bantuan aku untuk motongin selotip dan dia yang nyusun kertas di papan tulis. “Hat jemand von euch vielleicht ein Tesafilm?” lalu teman yang persentasi di jam pertama ngasih selotipnya ke Tobi yang langsung Tobi serahkan ke aku. Aku langsung nyengir, seketika inget orang Indonesia yang kalau beli air mineral bilangnya Aqua, terserah mau merk apa aja entah itu Ades, Ron 88, MQ dan yang lainnya, pasti bilangnya Aqua. Iya gak?

Sang Tesafilm. Quelle: Google

 

Ternyata kejadian kayak gitu gak cuma ada di Indonesia, di Jerman juga gitu, bahkan lebih parah. Tesafilm yang dimaksud Tobi di atas itu adalah selotip yang bahasa Jermannya das Klebeband. Lalu kenapa si Tobi bilangnya Tesafilm? Sama seperti Aqua, Tesa adalah salah satu merk alat-alat tulis dan perkantoran di Jerman. Saking mendominasinya merk ini di Jerman, sampai-sampai semua selotip disebutnya Tesafilm, padahal produk dari Tesa sendiri gak hanya selotip.


Baca juga: Apakah Program Ausbildung di Jerman Sama dengan Kuliah?

Selain penggunaan Tesafilm untuk selotip, orang-orang juga menyebut tisu dengan nama merk, yaitu Tempo. Pernah dulu Marlene nanya apa aku punya Tempo atau gak dan aku jawab gak karena aku pikir Tempo yang dimaksud adalah irama dalam mengerjakan sesuatu. Gak lama berselang, aku perhatiin ternyata si Marlene ini meler, langsung aku sodorin dia tisu dan bukannya berterimakasih eh dia malah bilang aku pembohong. “Du Lügner!! Ja, ja ähem du hast kein Tempo” sambil menyilangkan tangannya di depan dada. “Hier, nimm mein Taschentuch. Deine Nase läuft” eh digituin dia malah makin ngomel katanya dia daritadi nanya apa aku punya tisu apa gak dan aku bilang gak. Ach so, ternyata orang-orang Jerman bilang tisu itu Tempo, sebagian ada yang bilang Taschentuch tapi kebanyakan orang bilangnya itu Tempo untuk tisu dan Taschentuch untuk saputangan.

Bildergebnis für tempo
Tempo. Quelle: Tempoworld

Awal-awal di Jerman aku cukup puyeng dengan kebiasaan orang Jerman menyebut nama benda dengan merk nya, persis kalau kita nyebut Aqua seolah-olah Aqua itu sebutan untuk air mineral padahal kan bukan. Nih kalian bisa lihat kata-kata di bawah ini yang selalu disebut merknya oleh orang Jerman supaya kalian gak kepusingan kayak aku:

Nama yang dipakai Bahasa Jerman Resmi

Arti dalam Bahasa Indonesia

Aspirin Acetylsalicylsäure-Präparate Obat sakit kepala
Ata Scheuermittel Pembersih abrasiv
Autan Insekten-Abwehrmittel Lotion anti serangga
Bobby Car Kinderfahrzeug Mobil-mobilan anak
Duden Rechtsschreibwörterbuch Kamus ejaan yang disempurnakan
Edding Permanentmarker Spidol permanent
Filofax Zeitplan-Ringbücher Buku agenda sejenis binder
Flex Winkelschleifer Gerinda mesin
Flip-Flop Badesandalen Sendal jepit
Frisbee Flugscheibe Piringan terbang
Google Suchtmaschine Mesin pencarian
Hansaplast Wundpflaster Plester
Jeep Geländewagen Mobil SUV
Kaba Instant-Kakaogetränke Minuman coklat instant
Kärcher Dampfdruckreinigungsgeräte Mesin pembersih dengan tekanan uap
Kettcar Tretauto Mobil pedal
Kleenex Hygienetücher Tisu dengan disinfektan
Knirps Taschenregenschirm Payung lipat
Labello Lippenpflegestift Lip balm
Leitz Aktenordner Binder map
Leukoplast Medizinisches Klebeband Plester perban
Maggi Speisewürzen Penyedap rasa
Memory Lagekartenspiele Permainan kartu memori
Nivea Hautpflegecreme Krim perawatan kulit
Nutella Nuss-Nougat-Creme Selai coklat kacang
O.B. Tampon Tampon
Ohropax Ohrstöpsel Penutup telinga
Pampers Babywindeln Popok bayi
Perlator Strahlregler Selang regulator
Plexiglas Acrylglas Kaca akrilik
Polaroid Sofortbildkamera Polaroid
Post-It Haftnotizen Kertas post it
Q-Tips Wattestäbchen Cottonbud
Rollerblade Inlineskates Sepatu roda
Sagrotan Desinfektionsmittel Cairan disinfektan
Selters Mineralwasser Air mineral
Spüli Spülmittel Sabun pencuci piring
Styropor Polystyrol Sterofoam
Tempo Papiertaschentuch Tisu
Tesa Transparentes Klebeband Selotip transparan
Tetra Pak Getränkekarton Kemasan karton untuk minuman
Tupperware Vorratsdose Kotak penyimpanan plastik
Uhu Alleskleber Lem kuat
Vespa Motorroller Skuter
Walkman Tragbare Musik-Abgespielgeräte Walkman
Weck Einkochgläser Toples
Wonderbra Push-Up BH BH dengan busa
Zewa Küchentücher/Papiertücher Tisu dapur

Cukup pusing kan ya kalau kita baru pertama kali datang ke Jerman dan tiba-tiba ditanyain punya Tempo atau gak. Tapi emang sih kebiasaan kayak gini itu katanya bisa terjadi kalau sebuah merk terlalu mendominasi di pasaran jadi efeknya merk digunakan sebagai penyebutan nama benda.

Kira-kira dari tabel di atas ada kata-kata yang kelewat gak ya? Kalau misalkan ada, kasih tahu aku di komen dong, supaya tabelnya bisa aku lengkapi 🙂

Baca juga: Kuliah di Jerman Gratis ???

 

 

Yuk bagikan informasi ini!

Leave a Reply

Facebook
Facebook
Instagram
YouTube
YouTube
LinkedIn
Ikuti Lewat Email
RSS