Perayaan Pra-Natal di Jerman (Advent)

Kayaknya aku beruntung datang ke Jerman di bulan September, karena beberapa tradisi dan perayaan penting di Jerman berlangsung di musim gugur dan musim dingin, seperti contohnya Oktoberfest dan perayaan natal.

Tapi disini aku gak akan dulu membahas mengenai Oktoberfest, melainkan natal dan segala perayaan dan tradisi yang dilakukan sebelum natal tiba. Yang istimewa dari perayaan natal di Jerman adalah semuanya serba indah, serba gemerlap, warna merah dan keemasan dimana-mana persis seperti yang ada di film Home Alone yang selalu diputar saat liburan natal di Indonesia dan sekarang aku melihat semua itu secara langsung. Orang-orang banyak yang pakai sweater warna merah atau hijau dengan gambar bintang, rusa atau apapun yang berkaitan dengan natal. Banyak lampu kelap kelip yang dipasang disepanjang jalan, sempat kepikiran untuk listrik di jerman gak pake token, kebayang kalau tokennya abis dan semua lampu kelap kelip itu jadi mati 🙁

Kalau di Indonesia yang menjadi sorotan adalah natal yang jatuh pada tanggal 25 Desember setiap tahunnya, tapi di Jerman atmosfer natal sudah terasa bahkan di penghujung November, karena sebelum natal di Jerman ada yang namanya perayaan Advent. Di semua toko ramai dijual yang namanya Adventskalender dengan berbagai item di dalamnya, mulai dari coklat, produk perawatan tubuh, kosmetik, perhiasan bahkan online shop menyediakan program diskon khusus dengan nama Adventskalender-Sale.


muckout-diy-adventskalender-freebie-3a
DIY-Adventskalender. Quelle: M0niversum

Aku sendiri awalnya gak tahu apa itu Advent dan cuma bisa bengong waktu si babeh ngasih aku Adventskalender untuk pertama kalinya. Adventskalender yang isinya 24 coklat yang kesebar dalam kotak-kotak kecil yang di setiap kotaknya tertera angka dari mulai angka 1 sampai dengan angka 24. Aku yang memang suka banget sama coklat langsung membuka keduapuluhempat kotak coklat tersebut dan memakannya habis bahkan sebelum 1 Advent berlangsung. Sampai akhirnya si babeh meminta aku untuk mengambil Adventskalender punyaku ke dapur untuk di buka sama-sama. Aku bilang lah kalau semua coklatnya udah aku makan habis dan si babeh langsung ketawa sampai terbungkuk-bungkuk. Dia bilang Adventskalender itu dirangcang untuk dibuka satu kotak setiap harinya dimulai dengan kotak yang bertuliskan angka 1 yang artinya Advent hari pertama, begitu seterusnya.

Dulunya orang-orang berpuasa saat Advent yaitu diantara tanggal 11 November dan tanggal natal yang sesungguhnya yang jatuh pada tanggal 6 Januari untuk mengingat kedatangan kristus. Advent di Jerman disebut juga sebagai Vorweihnachtszeit atau waktu sebelum natal yang dimulai empat minggu sebelum Heiligabend yang jatuh pada tanggal 24 Desember. Tahun ini Advent minggu pertama jatuh pada hari minggu tanggal 3 Desember, karena merupakan hari minggu pertama di bulan Desember. Rumah-rumah akan dihias dengan pohon cemara, hiasan-hiasan natal, Krippe, lilin. Di atas meja biasanya diletakan yang namanya Adventskranz yang terbuat dari batang-batang pohon cemara dan empat lilin di atasnya. Empat lilin tersebut tidak dinyalakan secara bersamaan, melainkan satu lilin setiap minggunya, jadi biasanya panjang setiap lilinnya berbeda supaya lilin minggu pertama tidak habis lebih dulu sebelum semua lilin dinyalakan. Nah, disini baru Adventskalender boleh dibuka, SATU PER SATU setiap harinya, gak semuanya sekaligus seperti yang aku lakukan 🙁

Ähnliches Foto
Adventskranz. Quelle: Freshideen

 

Saat Advent inilah biasanya anak-anak diminta untuk menuliskan keinginannya untuk natal nanti. Yang menarik adalah, setiap hari minggu dimana lilin yang baru dinyalakan, semua anggota keluarga biasanya berkumpul untuk mendengarkan kisah-kisah natal sambil minum minuman hangat (seperti Punsch, teh atau sekedar coklat panas) dan makan kue-kue kering, Lebkuchen dan juga Stollen. Ada lagunya mengenai Advent yang bisa didengerin disini judulnya “wir sagen euch an den lieben Advent“. Waktu itu Marlene pernah bawa teks nya ke rumah untuk dihapal karena dia bakalan nyanyi bareng teman-teman di sekolahnya.

Weihnachtsstollen. Quelle: Für lecker! befunden

Dulu, pas natal biasanya aku di rumah sendiri kadang berdua sama kucing atau aku pergi nginap di rumah teman, karena babeh dan anak-anak pergi ke Frankfurt ke rumah orang tuanya. Gimana dengan kalian? Apa aja yang kalian lakukan waktu Advent dan natal? Feel free to share cerita kalian di komen ya 🙂

Yuk bagikan informasi ini!

1 comment / Add your comment below

Leave a Reply

Facebook
Facebook
Instagram
YouTube
YouTube
LinkedIn
Ikuti Lewat Email
RSS